Selasa, 14 Maret 2017

Memilih Bet/Blade Pingpong yang tepat

By.Admin
Image result for pingpong

       Bagi seorang pemula cabang olahraga Tenis Meja/Pingpong, memilih bet/blade yang pas semestinya menjadi perhatian tersendiri. Akan tetapi kebanyakan orang berprinsip bahwa sebagai seorang pemula, menggunakan bermacam jenis blade dalam latihan akan memudahkan dia saat sudah mahir nanti. Namun untuk seorang yang benar-benar ingin menjadi atlet profesional tentu saja anggapan tersebut tidaklah benar.

Tidak sedikit orang yang baru belajar pingpong atau tenis meja kebingungan mencari Blade/Bet yang akan digunakan, karena jenis dan merek yang ada saat ini sangat beragam, wajar saja bisa membuat pusing untuk memilih.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memlilih blade/bet pingpong :

1. Harga Blade
    Bagi pemula mungkin tidak harus langsung membeli blade/bet yang mahal, walaupun yang mahal itu secara spesifikasi teknis juga sangat bagus, namun dalam tahap pembelajaran untuk mencari kecocokan dengan gaya permainan sendiri alangkah baiknya untuk memilih blade/bet dengan harga relatif murah/terjangkau dengan spesifikasi teknis yang cukup luas.

2. Spesifikasi Blade
    Untuk spesifikasi blade/bet yang cocok digunakan untuk pemula alangkah baiknya memilih blade dengan kelas Allround, karena tipe blade tersebut bersifat medium dari semua aspek tenknisnya baik dari segi Speed, Spin dan Control.

3. Kecocokan Blade dengan Rubber/Karet
    Kedua poin yang atas adalah pemilihan dari segi Blade atau sering disebut Kayu bet, nah tidak sedikit orang juga kebingungan dengan memilih Kayu dan Karet yang cocok dengan gaya permainannya. Jika terlanjur mempunyai Blade dengan tipe Offensive sedangkan gaya permainannya adalah Defensive maka bisa diakali dengan memilih Karet yang digunakan adalah Defensive, ataupun sebaliknya, namun hal ini memang tidak terlalu siginifikan terhadap efek yang dihasilkan, namun bisa jadi salah-satu alternatif jika terlanjur membeli namun belum mampu untuk menambah blade/bet lagi.

Tips Tambahan yang cukup penting adalah : "jika mau membeli blade/bet jangan langsung beli namun cobalah blade yang dipakai teman hingga merasa cocok dengan gaya permainan sendiri", jika sudah merasa cocok silahkan membelinya sesuai blade/bet tersebut.

Jenis-jenis Blade

Berikut kami uraikan beberapa jenis bet/blade pada Tenis Meja berdasarkan jenis nya dan Bahannya.
Jenis_jenis Blade Tenis Meja:
Secara garis besar jenis blade terdiri dari 3 macam yaitu:
  1. Blade Offensive (Blade Serang)
  2. Blade Medium/Allround (Blade untuk type bermain allround)
  3. Blade Defensive (Blade untuk type defence)
Image result for pingpong
Blade offensive
     Biasanya jenis blade ini pada umumnya memiliki kelemahan di kontrol, maka dari itu pengguna blade ini harus mempunyai teknik yang tinggi untuk menguasai blade jenis ini. Blade jenis ini saya rasa tidak cocok di gunakan oleh pemula yang baru mulai menekuni dunia tenis meja. Biasanya blade jenis ini memakai bahan yang mengandung CARBON yang bersifat kaku dan kurang elastis, sehingga cenderung kaku untuk di gunakan. Seharusnya blade jenis CARBON ini di gunakan untuk melakukan serangan dengan Full Smash (hanya spin sedikit). Blade jenis ini juga kurang dalam hal putaran/spin, di banding jenis blade allround atau defensive. Tapi akhir2 ini dengan bermunculan berbagai system dari ITTF maka perkembangan technology blade pun sudah berubah.
     Di era SG blade jenis CARBON sangat banyak di gemari tetapi ketika era WBG banyak jenis2 blade offensive yang berbahan seperti ZLC(Zylon Carbon diusung oleh butterfly dengan TIMO BOLL ZLC nya dan jenis2 ZLC lainnya). Zylon Carbon sedikit lebih elastis di banding CARBON biasa, karena dari itu sifatnya lebih flexible sehingga cocok dengan type permainan tenis meja modern. Tidak hanya Butterfly, produk2 lain seperti STIGA, XIOM, YINHE, SWORD, DHS, DONIC,dll mengeluarkan beberapa blade dengan technology yang berbeda. STIGA dengan NCT (Nano Composite Technology) dengan produk unggulan STIGA EBENHOLZ maupun STIGA ROSEWOOD. DHS dengan Hurricane King nya, banyak varian dari Hurriccane King (HK), seperti HK655, HKLONG(HK2),HK3,HKLONG2,dll.
     Tidak kalah dengan produk2 ternama seperti DHS, STIGA maupun BUTTERFLY, produk-produk china seperti YINHE dan SWORD mengeluarkan beberapa BLADE dengan high technology juga.
Dan saya rasa produk dari YINHE maupun SWORD patut di coba karena memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding merk lain. Dengan mengusung technology dari beberapa produsen ternama seperti STIGA, BUTTERFLY, DHS, Yinhe dan Sword mengeluarkan produk nya sendiri… Biasanya jenis blade Offensive ini cenderung di sukai oleh pemain-pemain eropa.

Berikut adalah nama-nama produk bet/blade ternama:
  1.  DHS (Blade dan Rubber )
  2. Yinhe (Blade dan Rubber)
  3. Sword (Blade dan Rubber)
  4. Yasaka (Blade dan Rubber)
  5. Donic (Rubber)
  6. Palio (Blade dan Rubber)
  7. Dawei (Rubber)
  8. Butterfly
  9. dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar